Senin, 22 Agustus 2011

Cara Mengetahui Website Mengandung Spyware Atau Virus

Tidak semua website dibuat orang untuk kebutuhan yang bermanfaat bagi para pembacanya. Masih minimnya pengetahuan dunia online bagi kebanyakan penduduk dunia menjadikan sebuah peluang bagi orang - orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan di internet. Jika kita tidak berhati - hati maka kita bisa saja menjadi korban kejahatan dunia maya. Phishing Site dan sejenisnya banyak bertebaran di dunia maya yang sangat luas ini. Website yang mengandung Spyware dan Virus pun banyak juga bermunculan dan mencari mangsa sepanjang hari. Sebelum kita menjadi mangsa mereka sebaiknya kita melakukan antisipasi terlebih dahulu akan mara bahaya yang mengancam kita di dunia maya.

Untuk website yang masuk kategori Phishing Site bisa anda lihat daftarnya di Phish Tank tampilan websitenya seperti gambar dibawah ini



Selain anda bisa melihat daftar website yang masuk kategori Phishing Site anda juga bisa berpartisipasi didalamnya dengan cara memasukkan alamat website yang ada indikasi sebuah Phishing Site. Dengan ikut berpartisipasi didalamnya anda dapat membantu untuk menyelamatkan banyak orang agar tidak menjadi korban salah satu jenis kejahatan online.

Sekarang untuk mengetahui sebuah website itu mengandung Spyware atau mengandung Virus anda bisa mendeteksinya dengan 3 cara dibawah ini :

1. Web Of Trust ( WOT )




WOT ini merupakan Browser Plugin dan mendukung Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Safari, Opera dan Bookmarklet. Add On ini sangat bermanfaat bagi seluruh keluarga anda dan juga bagi anda yang senang berbelanja online Plugin ini akan sangat membantu sekali demi keselamatan anda dalam berbelanja secara online.


2 . LinkExtend




LinkExtend ini merupakan Browser Toolbar dan hanya mendukung Browser Firefox saja. Toolbar ini akan mengcover beberapa kategori seperti Safety, KidSafe, Ethical, Site Traffic dan Thumbnails. Jika anda menggunakan browser Firefox sebaiknya anda gabung atau pasang semua bersamaan dengan WOT diatas.


3. URLVoid dan URLVoid VScan





Website ini berfungsi untuk mengecek reputasi sebuah website dan men-scan website yang berisi Malicious. Untuk mendeteksi buruknya reputasi sebuah website URLVoid ini menggunakan referensi dari Google Diagnostic, MalwareDomainList, PcTools Browser Defender, PhishTank, Norton SafeWeb, MyWOT dan lain sebagainya.


Ketiga bantuan diatas pastinya akan dapat mencegah anda tertipu dan menjadi korban kejahatan dunia maya yang memakai modus Phishing, Spyware dan juga Virus. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar